Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) - BPS Tolikara
Event
Sensus Pertanian 2013
Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas)
Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas)
Susenas adalah survei untuk mengumpulkan data sosial dan ekonomi masyarakat dan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali.
Tiap 3 bulan sekali

Data yang dikumpulkan Susenas antara lain menyangkut bidang-bidang pendidikan, kesehatan/gizi, perumahan, sosial ekonomi lainnya, kegiatan sosial budaya, konsumsi/pengeluaran dan pendapatan rumahtangga, perjalanan, dan pendapat masyarakat mengenai kesejahteraan rumah tangganya. Susenas sudah dilaksanakan tiap 3 bulan sekali sejak tahun 1963 dengan kuesioner yang dibagi dalam dua bagian besar yaitu Kor dan Modul.

Kor adalah kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat umum yang selalu ditanyakan setiap tahun, sedangkan Modul adalah pertanyaan-pertanyan khusus sesuai dengan topiknya dan lebih rinci yang di lakukan tiga tahun sekali untuk setiap topik. Keterangan dalam modul-modul yang ada dikumpulkan secara bergiliran dalam kurun waktu tiga tahun. Modul-modul tersebut dikelompokkan ke dalam 3 paket, sebagai berikut:

  • Modul konsumsi/pengeluaran dan pendapatan rumahtangga,
  • Modul sosial budaya dan pendidikan,
  • Modul kesehatan dan perumahan.

Susenas 2009
Kerangka sampel yang digunakan dalam Susenas 2009 terdiri dari 3 jenis, yaitu: kerangka sampel untuk pemilihan blok sensus, kerangka sampel untuk pemilihan subblok sensus (khusus untuk blok sensus yang bermuatan rumah tangga lebih dari 150 rumah tangga), dan kerangka sampel untuk pemilihan rumah tangga dalam blok sensus/subblok sensus terpilih.

Kerangka sampel blok sensus adalah daftar blok sensus biasa hasil Sensus Ekonomi 2006 (Frame BS SE06) yang dilengkapi dengan jumlah rumah tangga hasil pencacahan Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Berkelanjutan (P4B). Kerangka sampel blok sensus ini mencakup blok sensus di 471 kabupaten/kota dan dibedakan menurut daerah perkotaan dan perdesaan. Pelaksanaan Susenas Juli 2009 mencakup sebanyak 18.243 blok sensus atau sebanyak 291.888 rumah tangga sampel yang tersebar di seluruh wilayah geografis Indonesia.

Kerangka sampel rumah tangga adalah daftar rumah tangga hasil pendaftaran rumah tangga yang menggunakan Daftar VSEN2009.L. Kerangka sampel rumah tangga ini dibedakan menurut tiga kelompok golongan pengeluaran rumah tangga sebulan.

© 2013 Badan Pusat Statistik Tolikara BPS Republik Indonesia     BPS Provinsi Papua
Jalan Kota Baru, Kamp. Gurikme, Distrik Karubaga, Kab. Tolikara, Papua | bps9418@bps.go.id | @BPS_Tolikara